Padepokan Bagong Kusudiharjo_resize

Yayasan Bagong Kussudiardja

Yayasan Bagong Kussudiardja
Kompleks Padepokan Seni Bagong Kussudiardja, Kembaran RT 04/RW 21, Kel. Tamantirto, Kec. Kasihan, Kab. Bantul , DI Yogyakarta – Indonesia
Tel./Fax.+62 (0274) 414-404

Nama Yayasan Bagong Kussudiardja tentunya tak lepas dari seorang seniman dan budayawan besar Alm. Bagong Kussudiardja. Melalui semangatnya untuk membangun Indonesia melalui aktivitas seni inilah yang menghantarkannya untuk mendirikan sebuah lembaga pendidikan seni non formal yang didirikan pada tahun 1978 bernama Yayasan Bagong Kussudiardja atau yang dikenal dengan singkatan YBK.

YBK adalah lembaga nirlaba yang mengelola aset padepokan seni sebagai rumah budaya terbuka yang bertujuan untuk merekatkan dan membangun kebersamaan seni dengan masyarakat. Meski dia telah wafat pada tahun 2004 yang lalu, namun semangat yang ditularkan serta kerjasama dari berbagai pihak menjadikan salah satu padepokan seni kebanggaan warga Jogja ini masih melahirkan beragam aktivitas seni pertunjukan sebagai media pembelajaran yang edukatif dan aplikatif kepada komunitas seni dan masyarakat.

Tak hanya memiliki visi luhur guna mampu menjadi rumah budaya terdepan dalam memberikan kontribusi yang memperkaya dunia seni di Indonesia, dalam perjalanan panjangnya, yayasan ini juga memiliki visi lain sebagai jembatan yang merekatkan seni dengan masyarakat. Untuk menggapai visi yang telah ditetapkan yayasan, padepokan seni ini memiliki misi guna mewujudkan seni pertunjukan sebagai media dialog dan pembelajaran untuk merangsang kegairahan kreativitas komunitas seni dan masyarakat.

Dalam ranah ini, Yayasan Bagong Kussudihardja mengolah proses-proses pembelajaran tentang seni dan menggunakan seni sebagai media, melalui presentasi karya seni pertunjukan, fasilitasi pengembangan daya kerja kreatif seniman, baik artisik dan non artistik, serta merencanakan dan membangun program yang meningkatkan penyertaan aktif masyarakat bersama dengan seni.

Beberapa program yang diselenggarakan di YBK adalah Jagongan Wagen, Muara dan Among Sedulur. Beralamatkan di bawah bukit Sempu atau yang dikenal dengan nama Gunung Sempu di Dusun Kembaran RT 04 RW 21 Kelurahan Tamantirto, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul Yogyakarta ini berada tak jauh dari Pabrik Gula Madukismo. YBK dapat diakses melalui Jalan Bantul. Setelah melewati perempatan kedua dari Pojok Beteng Timur ambilah jalan ke kanan hingga menemukan sebuah perempatan besar, lalu ambil arah ke kiri. Setelah menemukan perempatan pertama dengan ciri ada sebuah gedung serba guna bernama Madu Candya di sebelah barat jalan, ambil arah ke kanan hingga menemukan papan penunjuk jalan YBK, lalu ikuti saja arah dari papan penunjuk jalan tersebut.

Peta Lokasi

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*