XT Square Jogja

XT Square Yogyakarta
Jl Veteran RT 016/05 Yogyakarta
telp: +62274388091, +62274388014

XT Square (XT berasal dari kata Eks Terminal) merupakan direktori Pasar Seni dan Kerajinan Yogyakarta (PSKY) yang berada di kawasan Umbulharjo Yogyakarta. Mantan Wali Kota Yogyakarta, Herry Zudianto, kala itu mengungkapkan bahwa Pemkot telah membangun pusat perbelanjaan yang dikelola profesional serta modern namun terjangkau untuk UKM dan UMKM.

XT Square terdiri atas 3 zona utama, yaitu zona kerajinan (1 & 2), zona nusantara dan zona kuliner.

Zona Kerajinan
wahana representasi seni kerajinan dari Kota Yogyakarta dan wilayah sekitarnya. Zona Kerajinan meliputi 264 kios terwadahi dalam bangunan yang dirancang secara unik sebagai wajah kawasan XT-Square. Bangunan terdiri atas dua unit yaitu unit Kerajinan – 1 yang mewadahi 200 kios , dan unit Kerajinan -2 yang mewadahi 64 kios.

Zona Nusantara
Merupakan wahana representasi dari seni kerajinan dari seluruh nusantara. Zona ini terdiri dari 20 buah kios toko dengan fasilitas premium. Produk kerajinan ini berasal dari binaan pemerintah daerah yang berkualitas unggul, sehingga memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri. Pada zona ini dilengkapi dengan area atrium dengan luas 16 x 25 m yang selain sebagai ruang pameran/expo, juga sebagai tempat demo pembuatan kerajinan. Pengunjung XT Square berasal dari semua kalangan, diharapkan dapat mendapatkan hasil seni kerajinan nusantara dengan nyaman dan buka hingga malam hari.

Zona Kuliner
Tempat ini merupakan daya tarik dikawasan XT-Square. Zona ini meliputi 13 food stall yang berukuran standar maupun besar, dining area mampu menampung hingga 350 orang. Terdapat panggung pertunjukan untuk memberikan wahana ekspresi seni bagi seniman Yogyakarta maupun nasional. Bangunan zona kuliner dirancang untuk menjadi ikon kawasan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*