Wow…Kampung ‘Cyber’ Yogyakarta meraih penghargaan AJE Big Cola

Kampung Cyber di RT 36 Taman Sari, Yogyakarta meraih penghargaan dari AJE Indonesia, produsen minuman ringan Big Cola, atas komitmennya mengembangkan kampung dengan infrastruktur teknologi informasi untuk pendidikan dan bisnis warga.

“Big Cola memulai tahun 2015 dengan memberikan penghargaan kepada Koko (Antonius Sasongko) dan Kampung Cyber sebagai bagian dari upaya memperkenalkan internet kepada warga lokal,” kata Kepala Komunikasi AJE Indonesia Dini Naomi dalam penyerahan penghargaan di Taman Sari, Yogyakarta, Selasa.

AJE juga memberikan donasi Rp100 juta kepada Kampung Cyber untuk pengembangan infrastruktur teknologi informasi.

Koko sendiri lewat Kampung Cyber yang dirintisnya itu telah membantu pendampingan kepada seluruh anggota komunitas tentang penggunaan media sosial untuk mengembangkan bisnis mereka.

Warga RT 36 kini memperoleh manfaat dari infrastruktur internet yang ada. Sebanyak 25 rumah di Kampung Cyber telah dijangkau internet.

Koko mengatakan jaringan internet tersebut telah membantu warga untuk mengoptimalkan potensi masyarakat dan memperkuat komunikasi antarwarga.

“Kampung Cyber juga membantu masyarakat untuk mengembangkan bisnis mereka. Sejak krisis ekonomi banyak warga yang kehilangan profesinya. Internet kini mampu membantu mereka,” kata dia.

Lebih lanjut dikatakannya, warga banyak yang terbantu setelah dulu sempat berprofesi sebagai insan seni seperti pelukis, musisi dan produsen batik. Setelah krisis ekonomi mereka menjadi kurang produktif dan kerap berganti pekerjaan.

Internet, kata dia, membantu warga untuk memasarkan produk dan jasa mereka seperti lukisan, batik, alat pancing dan artistik.

“Bahkan artistik di Kampung Cyber kemarin ikut ambil bagian jadi tim artistik di film Soekarno,” kata dia. (antaranews.com)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*