Ternyata Tempat Terbaik untuk Simpan Cokelat Bukan di Kulkas

Daripada kulkas, ruangan ber-AC (Air Conditioner-red) sebenarnya adalah tempat yang paling tepat untuk menyimpan cokelat. Kenapa?

Cokelat bisa dikatakan camilan manja. Butuh perlakukan khusus untuk menyimpannya, agar rasa dan aroma cokelat tetap terjaga baik.

Selain kulkas, ruangan yang kebetulan menggunakan pendingin dengan suhu maksimal 20 derajat Celcius, adalah tempat yang paling pas untuk menyimpan cokelat.

“Kalau kebetulan di rumah menggunakan AC, lebih baik simpan di ruangan itu, jangan di kulkas. Karena ruangan ber-AC sebenarnya lebih baik ketimbang lemari es, ” kata Siti Maryam Koeswara, Kepala Dapur Dapur Cokelat, kepada Okezone di Dapur Cokelat Factory, belum lama ini.

Siti menjelaskan alasan mengapa ruangan ber-AC adalah tempat yang paling pas untuk menyimpan cokelat. Menyimpan cokelat di ruangan berpendingin akan membuat cokelat tetap kering. Maka cita rasa dan aroma cokelat akan tetap terjaga dengan baik.

Ini yang tidak terjadi jika cokelat disimpan di dalam lemari es. Meski menjamin cokelat tidak meleleh, namun rasa dan aroma bisa berkurang karena kelembapannya.

“Karena kalau di kulkas sebenarnya akan membuat cokelat berembun, ketika dikeluarkan dari dalam kulkas. Cokelat ketika disimpan di kulkas akan menyerap lembap lebih banyak, jadi ketika dikeluarkan ini akan berembun,” kata perempuan berkulit sawo matang ini.

Penyimpanan di kulkas pun, lanjut Siti, tidak boleh sembarangan. Siti mengingatkan, ketika menyimpan cokelat di kulkas, jangan pernah menaruhnya di rak freezer. Cukup di rak biasa pada kulkas.

“Ini yang sering kali orang salah, menyimpan cokelat di freezer agar tidak meleleh. Padahal kalau di freezer terlalu dingin, cokelat akan menjadi lebih kering dan justru gampang hancur,” beber Siti yang sudah 16 tahun bergabung dengan Dapur Cokelat.

Selain mengubah fisik cokelat, sudah barang tentu kualitas cokelat juga akan berubah. Suhu freezer yang terlalu dingin akan membuat kadar cokelat atau fat-nya berkurang, dan ini membuat rasa dan aromanya tidak lagi enak.

“Makan cokelat yang berasa manisnya doang, rasa dan aroma cokelatnya sudah hilang. Karena kadar fat atau cokelatnya sudah berkurang,” ujar Siti.

Sebaliknya, jika memang di rumah tidak menggunakan AC, maka alternatif menyimpan cokelat yang belum mau dimakan dalam waktu dekat adalah di lemari es pada rak biasa.(okezone)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*