Pasokan Sembako di DIY Cukup, Harga Terkendali

Pasokan bahan-bahan makanan pokok (sembako) di DIY dijamin ketersediaannya mencukupi meskipun tidak melimpah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Natal dan Tahun Baru 2015. Kenaikan harga sembako di akhir tahun diprediksi relatif terjaga di kisaran 5 persen karena mobilitas masyarakat dan periodenya tidak terlalu besar

Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM DIY, Riyadi Ida Bagus Salyo Subali mengatakan dari sisi pasokan pihaknya menjamin sembako di DIY mencukupi meskipun stok tidak berlimpah. Pasokan berkurang untuk komoditi-komoditi yang saat ini harganya melonjak dan fluktuatif seperti beras, telur ayam dan cabai karena di Januari baru memasuki musim panen.

“Memang ada kenaikan beberapa komoditas bahan makanan pokok tetapi tidak semuanya dan kenaikannya masih dikisaran 5 persen tidak setinggi pada saat Lebaran lalu di angka 10 persen. Kenaikan harga ini lebih dikarenakan permintaan tinggi sesaat menghadapi libur akhir tahun 2014,” kata Riyadi.

Riyadi menyampaikan ketersediaan sembako yang mencukupi diikuti kenaikan harga yang tidak terlalu signifikan tersebut juga diantisipasi dengan di gelarnya Operasi Pasar Murni (OPM) beras di bulan Desember atas permintaan beberapa kabupaten dan kota kecuali Sleman. “Melihat kondisi saat ini, kami meminta dan mengharapkan masyarakat tidak perlu khawatir karena stok sembako mencukupi menjelang penghujung tahun 2014. Jadi tidak perlu melakukan aksi borong atau belanja berlebihan,” tandasnya. (krjogja.com)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*