Pasar Buku Bekas “Shopping”

Pasar Buku Bekas “Shopping” Yogyakarta
Jl. Senopati No. 3, Yogyakarta, INDONESIA

Bagi para pelajar yang memiliki tingkat sensitif harga yang tinggi, atau bagi orang-orang yang ingin menghemat uang untuk membeli buku, pasti mengenal pusat kawasan buku murah “Shopping Centre” di Yogyakarta. Kawasan Shopping Centre terletak di Jalan Senopati No. 3 Yogyakarta atau di sebelah selatan Pasar Beringharjo dan sebelah timur Benteng Vredeburg.

Sebelum tahun 1998, Shopping centre adalah kawasan pedagang buah, sayur, dan pedagang buku. Tetapi setelah adanya SK Wali Kota No. 249/KD/ 95 berkenaan dengan berakhirnya masa kontrak Shopping Centre oleh pengelola lama Onggo Hartono pada 8 Juli 1998, selanjutnya pengelolaan kawasan Shopping Centre dilakukan oleh pihak Pemda Yogyakarta. Kemudian para pedagang Shopping Centre tergabung dalam Koperasi Pedagang Buku (Kopaku Taman Pintar) yang dibentuk sekitar tahun 1988 juga.

Terdiri dari dua lantai, deretan kios di Shopping Centre menyediakan berbagai macam buku, mulai dari buku baru hingga buku bekas. Mulai buku pelajaran, novel, hingga buku-buku umum. Bagi mahasiswa yang membutuhkan referensi buku atau artikel untuk tugas kuliah, juga bisa dengan mudah menemukan kliping artikel, makalah bekas, hingga buku-buku penunjang kuliah di pasar buku ini. Jika beruntung, Anda bisa saja mendapatkan buku-buku kuno yang sudah tidak ada di pasaran lagi. Untuk masalah harga, buku-buka yang langka ini dihargai berdasarkan ketebalan buku dan kelangkaannya. Semakin langka, maka semakin mahal buku tersebut.

Untuk berbelanja buku di Shopping Centre, dibutuhkan ketrampilan menawar harga. Pasalnya, Shopping Centre adalah pasar tradisional yang memberlakukan proses tawar menawar harga barang dagangan. Kawasan Shopping Centre dibuka pada pagi hingga sore hari.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*