Paris Tolak Pembangunan Pencakar Langit Setinggi 180 Meter

Tidak seperti Jakarta, Shanghai, atau kota-kota lainnya di Asia yang berlomba membangun pencakar langit demi gengsi dan reputasi, Paris justru bertindak sebaliknya.

Pekan lalu, Dewan Kota Paris menolak rencana pembangunan gedung pencakar langit, The Triangle Tower dengan jumlah 83 suara. Sementara kalangan pendukung di Dewan Kota berjumlah 78 suara.

Para penentang pembangunan The Triangle Tower berpendapat bahwa menara tersebut akan merusak lingkungan dan tidak sesuai dengan rencana tata ruang kota Paris. Mereka mengacu pada kasus menara perkantoran Montparnasse yang dinilai merusak lingkungan.

Para penentang menggalang dukungan suara warga Paris melalui jejaring media sosial seperti Twitter, dan Facebook.

Namun begitu, meski mendapat tentangan, Wali Kota Paris Anne Hidalgo, akan melakukan gugatan terhadap hasil pemungutan suara tersebut. Pasalnya, pemungutan suara secara rahasia tersebut belum diputuskan dan berkekuatan hukum tetap.

“Hukum belum dihormati. Semua suara yang ditampilkan tidak sah dan tidak valid,” ujar Hidalgo.

Hidalgo yang berasal dari partai sosialis, mendapat tentangan hebat dari pesaingnya saat bertarung menuju kursi Wali Kota, Natalie Kosciusko-Morizet.

The Triangle Tower sendiri merupakan proyek gedung jangkung pertama di kota mode tersebut sejak pembatasan ketinggian bangunan maksimum 37 meter diberlakukan pada 1970. Selain Menara Eiffel, satu-satunya gedung tinggi di pusat kota Paris adalah menara Montparnasse yang mencakup 1.973 ruang perkantoran.

Pesatnya pertumbuhan bisnis di kota Paris menstimulasi Wali Kota sebelumnya, yakni Bertrand Delanoe, mencabut pembatasan ketinggian bangunan. Dengan pencabutan itu, beberapa pencakar langit pun kemudian menghiasai kaki langit Paris, terutama di pusat bisnis La Defense.

Termasuk The Triangle Tower yang dirancang oleh arsitek ternama Herzog dan de Meuron. Mereka mendesain menara ini dengan ketinggian 180 meter dan mencakup 43 lantai. The Triangle Tower diklaim dapat menciptakan 5.000 lapangan kerja baru.(kompas.com)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*