Pantai Sadranan Jogja

Pantai Sadranan Yogyakarta
Jalan Baron, Tepus, Wonosari, Yogyakarta

Keindahan pantai di Gunung Kidul seperti tak ada habisnya. Setelah mengunjungi Pantai Drini, kali ini tim Gudeg.net merambah ke pantai yang sepi, terpencil, dan tersembunyi di balik karang besar. Namanya Pantai Sadranan.

Perjalanan menuju ke pantai ini membutuhkan waktu 2 jam. Lokasinya terletak di sepanjang gugusan pantai Gunung Kidul. Pantai terdekat ialah Pantai Drini. Di sebelah selatan ada Jalan Saptosari, Citepus. Berbekal petunjuk berupa sebuah papan kayu yang reot, tim Gudeg.net mendekat ke Pantai Sadranan.

Pada awalnya jalanan mulus. Lalu, semakin dekat semakin bergelombang dan berbatu. Bagi Anda yang baru belajar mengemudi sebaiknya tak mencoba datang sendirian. Selain risiko celaka, jika tak lihat lihai menghindari batu besar yang menghimpit jalan, bisa-bisa mobil Anda lecet.

Ketika sampai ada sebuah papan bertuliskan Pantai Sadranan. Saat itu sepi. Hanya ada seorang laki-laki dan beberapa motor yang terpakir dekat karang.

Di sisi selatan terbentang lautan yang luas. Langit juga cerah berwarna biru-putih-kehijauan. Saat kaki menginjak ke pasir putih terasa ada kehangatan yang menerpa pori-pori kulit. Bisa jadi jutaan butir pasir pantai menyimpan panas dari sinar matahari. Pada sisi bara ada tumbuhan merambat yang hidup di pasir. Bentuknya seperti daun waru dengan ukuran yang lebih kecil.

Ada beberapa kepiting kecil yang berenang lalu menepi di batu karang. Ada yang mencelupkan kakinya di air. Bulu-bulu kaki itu seperti bergoyang-goyang terkena air. Warnanya juga tampak lebih terang karena sinar matahari yang menerobos masuk ke dalam air.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*