Festival Gudeg Wijilan

Mau Gudeg Gratis? Datang saja Ke Festival Gudeg Wijilan

Untuk pertama kalinya, Paguyuban Gudeg Wijilan Yogyakarta menggelar acara Festival Gudeg Wijilan bertempat di sepanjang Jalan Wijilan, Kraton Yogyakarta Selasa (20/12/2014). Dalam acara festival Gudeg Wijilan ini pihak penyelenggara akan membagikan sebanyak 1.000 porsi nasi gudeg kepada warga dan masyarakat sekitar.

Ketua panitia acara, Titis, mengatakan selain pembagian nasi Gudeg gratis, festival ini juga akan diisi dengan berbagai kegiatan mulai dari masak gudeg bersama oleh 14 pemilik warung sekaligus pedagang gudeg Wijilan, senam lansia, hingga pentas kesenian yang dipuncaki oleh penampilan band Letto di panggung yang telah disiapkan.

“Acara dimulai sejak pagi tadi, yakni dengan acara senam bersama. Sementara sore nanti pukul 16.00 wib, akan dilakukan masak gudek bersama oleh seluruh anggota paguyuban. Sedang malam harinya akan dilaunching Paguyuban Gudeg Wijilan Yogyakarta oleh bapak Walikota,” katanya.

Salah satu sesepuh Paguyuban Gudeg Wijilan, Lisdyah Darmawati, atau akrab disapa Bu Lies, mengatakan pihak paguyuban telah menyiapkan sebanyak 2 kwintal Gori atau nangka muda yang merubakan bahan baku utama pembuatan Gudeg. Selain itu juga disiapkan sebanyak 1000 butir telur untuk membuat 1000 nasi Gudeg gratis.

“Melalui Festival Gudeg ini kita ingin semua pedagang gudeg di Wijilan bersatu. Dan bersama-sama menjadikan Gudeg yang merupakan makanan khas Yogya sejak lama, tidak tergeser oleh makanan lain,” katanya.

Ia juga bergarap dengan dibentuknya Paguyuban Gudeg Wijilan dapat menumbuhkan semangat bersama dengan merangkul pedagang gudek lain di Yogya dalam menjadikan kawasan Wijilan sebagai sentra makanan khas kraton yakni Gudeg di Yogya.

“Harapannya semoga ke depan, acara ini dapat rutin digelar setiap tahun dengan lebih besar dan lebih meriah, sehingga semakin mengukuhkan kawasan Wijilan sebagai sentra Gudeg di Yogya,” katanya.(krjogja.com)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*