Mangut Lele Bu Is 1

Mangut Lele Bu Is

Mangut Lele Bu Is
Jalan Imogiri Barat, Utara Perempatan Jetis, Bulus, Bantul

Mangut Lele ialah olahan lele yang cukup nge-trend serta digemari masyarakat. Salah satu warung yang terkenal menyajikan hidangan ini adalah Warung Mangut Lele Bu Is. Warung yang sudah berdiri sejak tahun 1977 ini terletak di pinggir Jalan Imogiri Barat, tepatnya di sisi utara perempatan Jetis, Bulus Bantul. Jika masih bingung dengan letaknya, bertanya saja dengan masyarakat sekitar. Mereka akan menunjukkan arah dimana warung berada.

Kelezatan mangut lele ini juga terbukti tidak hanya digemari oleh kalangan masyarakat biasa. Buktinya, terpampang beberapa foto artis yang pernah mengunjungi mangut lele Bu Is. Seperti Bondan Winarno dan Benu Bulo. Maka bisa dipastikan setiap jam makan siang, tempat ini penuh dikunjungi oleh pembeli. Parkir yang luas juga memudahkan para pengunjung.

Meja serta kursi yang terbuat dari bambu tersedia bagi pengunjung yang ingin makan ditempat. Namun, jika ingin lesehan tempat ini pun juga menyediakannya. Begitu datang tinggal pesan saja, tak harus menunggu lama seporsi mangut lele sudah terhidang. Tak kalah cepat dengan Resto Fast Food jaman sekarang.

Sebelum disajikan, Mangut Lele dibumbui bawang putih dan merah, daun salam, laos, kencur, cabai, garam baru terlebih dahulu kemudian dimasak bersama santan kelapa. Warung ini sudah menyiapkan dalam kuali besar sehingga begitu ada order masakan bisa langsung dihidangkan.

Mangut Lele Bu Is juga terbilang jadi salah satu makanan sehat. Mengapa? Karena mangut lele ini dihidangkan bersama lalapan yang terdiri atas sayur-sayur segar yang telah direbus seperti daun pepaya, bayam, kecambah, kemangi dan daun kecipir. Lantas pengunjung bisa juga mencampur sayur-sayur tersebut dengan parutan kelapa berbumbu sehingga menjadi trancam. Kaya serat!

Kalau belum juga nendang tambahkan lagi oseng-oseng lombok ijo dijamin lidah langsung bergoyang. Jika tak ingin terlalu pedas bisa juga mecolek sambal terasi yang juga turut dihidangkan. Rasanya sedikit manis bercampur dengan rasa terasi namun tetap saja meninggalkan sensasi pedas. Sebagai pelengkap masih ada jajanan lain seperti gembus yang terbuat dari ampas tahu, tempe bacem serta berbabagai kripik.

Mangut lele Bu Is 4

Bagi yang baru pertama kali akan menyantap hidangan terkadang merasa ragu jika lele berbau amis. Namun tak perlu kuatir anggapan itu sudah diantisipasi oleh sang pengelola. Agar lele tidak berbau amis saat dimasak, sebelum dibersihkan lele diberi garam terlebih dahulu. Sehingga lendir yang ada dilele akan hilang dan saat digoreng akan menimbulkan efek kering dan gurih. Begitu juga dengan santannya, beberapa orang tidak tahan dengan santan yang membuat perut sakit. Tetapi menyantap Mangut Lele Bu Is, kuah santan terasa ringan, tidak terlalu kental sehingga tidak bikin eneg. Beberapa irisan cabe juga ikut tercampur dalam kuah tersebut. Rasanya pun pas, gurih dengan kombinasi rasa manis. Pengalaman makan mangut lele yang tidak terlupakan.

Semua paket ini masih ramah dikantong, mangut lele beserta lalapan serta sambal, satu bakul nasi dan es jeruk hanya dibanderol dengan harga Rp.15.000. Porsi jumbo ini bisa didapat mulai dari Pkl 07.30 WIB-19.30 WIB, Warung Mangut Lele ini juga tidak pernah libur.

Harga
Mangut Lele + Lalapan + Oseng Lombok Ijo + Sambal Terasi + Nasi + Es Jeruk = Rp 15.000

Peta Lokasi

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*