Malioboro akan diberlakukan Buka Tutup Saat Libur Akhir Tahun

Menjelang Natal dan Tahun Baru 2015, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta akan melakukan pengaturan bus pariwisata yang masuk ke Kota Yogya.
Pengaturan itu terutama di kawasan padat dan kerap terjadi kemacetan seperti di kawasan Malioboro.

Pantauan Tribun Jogja, pada Minggu (14/12/2014) lalu kemacetan panjang sempat terjadi dari perempatan taman parkir Senopati hingga Titik Nol Kilometer.

Hal itu dikarenakan terjadi penumpukan di pintu keluar masuk di area Taman Parkir Senopati. Kendaraan di dominasi bus-bus pariwisata dari berbagai kota.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Wirawan Hario Yudho mengatakan titik parkir di Taman Parkir Senopati memang sebetulnya kerap terjadi overload kapasitas.

“Padahal kami sudah memiliki lokasi parkir alternatif di Ngabean dan Abu bakar Ali, sebetulnya bus-bus pariwisata bisa langsung memanfaatkan itu,” ujar Wirawan, kepada wartawan, Rabu (17/12/2014).

Menurutnya, kapasitas Taman Parkir Senopati hanya sekitar 30-40 bus. Maka, lanjutnya, agar tidak terjadi overload sebaiknya bus pariwisata menghindari lokasi parkir yang ramai.

Ia berharap, bus tidak lagi parkir di pusat keramaian, di tepi jalan umum atau di sekitar jembatan karena akan menimbulkan kepadatan lalu lintas di Kota Yogyakarta.

Hal ini akan diberlakukan saat libur Natal dan Tahun Baru 2015. Wirawan mengatakan, akan segera melakukan koordinasi dengan Forum Lalu Lintas Kota Yogyakarta.

“Khusus kawasan Malioboro, akan kami berlakukan sistem buka tutup. Untuk pengaturan bus pariwisata, akan kami koordinasikan lebih lanjut,” terangnya. (jogja.tribunnews.com)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*