Liburan Tanpa Kuras Kantong

Naiknya harga-harga memaksa semua orang lebih berhati-hati dalam mengeluarkan uang. Banyak pula yang mengekang belanja di luar sandang dan pangan agar memiliki uang yang cukup untuk membiayai kebutuhan inti.

Salah satu pengeluaran yang kemungkinan besar terkena imbas kenaikan harga adalah berlibur. Mungkin Anda salah satu orang yang memikirkan kembali apakah Anda dan keluarga benar-benar harus pergi ke luar kota atau negeri di musim liburan yang segera tiba.

Tapi di sisi lain, Anda ingin meluangkan waktu bersenang-senang sekeluarga. Sebetulnya, ada solusi.

Anda masih bisa berlibur tanpa harus mengeluarkan uang yang banyak. Cara berlibur ini disebut “staycation” yang berarti berlibur di rumah sendiri.

Nah, Anda tinggal merancang berbagai kegiatan mengasyikan untuk mengisi waktu pas di rumah.

Ini adalah beberapa hal yang Anda bisa lakukan untuk mengalami “staycation” yang tidak kalah seru dengan libur sambil jalan-jalan:

Bangun telat

Nikmati bangun lebih telat dari biasanya dan melakukan aktivitas pagi hari dengan tidak terburu-buru. Anda bisa menyiapkan sarapan lebih spesial dari biasanya dan Anda pun bisa mengambil waktu lebih banyak untuk menikmati sarapan sambil ngopi atau membaca koran.

Sarapan yang santai ini juga menjadi momen yang tepat untuk bercengkrama dengan anggota keluarga lainnya.

Berolahraga bersama

Sesudah sarapan, Anda dan keluarga bisa berolahraga bersama. Anda dan anak-anak bisa berkeliling kompleks perumahan dengan sepeda hingga puas, atau mungkin Anda bisa mengajarkan anak-anak cara bermain badminton.

Lagi-lagi, Anda tidak harus terburu-buru melakukan semua ini dan karena itu, bisa lebih banyak membangun kebersamaan dengan anak-anak.

Permainan tradisional dan papan

Untuk menghabiskan waktu di siang hari, Anda dan keluarga bisa bermain permainan tradisional, seperti congklak dan permainan papan lainnya, seperti monopoli atau catur.

Bermain menggunakan papan permainan memiliki keasyikan tersendiri jika dibandingkan dengan permainan di komputer atau game console.

Dan permainan papan juga bisa jauh lebih mendidik. Dengan bermain monopoli atau catur, Anda bisa mengasah kemampuan anak-anak Anda berstrategi.

Istirahat siang

Tidak ada yang lebih menyenangkan dibanding istirahat siang. Karena Anda di rumah, Anda bisa beristirahat kapanpun, termasuk di siang hari setelah perut kenyang dengan makan siang.

Istirahat siang pastinya tidak bisa Anda nikmati jika sendang di kantor, atau jalan-jalan di luar kota atau negeri karena Anda biasanya terdorong untuk menjelajah terus menerus mumpung sedang di tempat kunjungan.

Prakarya bersama si Kecil

Jika anak-anak masih kecil, Anda bisa melakukan prakarya bersama mereka. Anda bisa mengajak mereka menggambar atau mewarnai, atau membuat kerajinan tangan lainnya seperti membuat boneka dari kaus kaki atau handuk bekas.

Sebetulnya, banyak sekali kegiatan menyenangkan yang bisa Anda lakukan bersama anak-anak ketika berada di rumah. Meluangkan waktu bersama adalah yang terpenting dan bukan saja bisa melihat pemandangan baru. (viva.co.id)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*