Konservasi Penyu Mino Raharjo Bantul

Konservasi Penyu Mino Raharjo Bantul Yogyakarta
Kepatihan, Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Bantul, Sanden

Ada banyak destinasi wisata menarik yang dapat Anda temukan di kawasan Bantul. Selain akan dijamu dengan beragam desa wisata menarik seperti Kasongan, Manding dan Krebet, Anda juga akan menemukan sederetan pantai indah di ujung selatan salah satu kabupaten cantik di kota gudeg ini. Tepatnya di sekitar kawasan Patihan. Lokasi ini terletak tidak jauh dari Pantai Pandansari, sebuah pantai yang ditandai dengan mercusuar berwarna putih yang menjualang tinggi hingga Anda dapat menikmati panorama alam di sekitar pantai yang menakjubkan.

Setiap tahunnya Konservasi Mino Raharjo Bantul mampu membebaskan hingga ratusan anak penyu siap lepas. Konservasi penyu di pesisir Bantul tersebar dalam beberapa wilayah, seperti di daerah Mancingan, Samas, Goa Cemara dan Ngentak. Moment ini mampu menarik perhatian para wisatawan untuk ikut berpartisipasi dalam acara pelepasan anak penyu. Saat musim tetas tiba, setiap pengunjung yang datang dapat menjadi orang tua penyu laut dengan cara mengganti biaya perawatan dalam jumlah tertentu.

Di tahun 2012 yang lalu, setiap telur dihargai sebesar Rp 10.000 saja. Dengan harga yang terjangkau ini setiap sukarelawan mendapatkan jaminan tukik dapat dilepaskan ke laut melalui pemeliharaan dari kelompok. Tukik merupakan sebutan untuk anak penyu. Dari setiap harga telur, Rp 2.000 diberikan kepada angggota kelompok yang menemukan telur. Sisanya, setelah dikurangi biaya pemasaran adopsi oleh Pusat Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat Pesisir atau yang sering disingkat dengan P3MP akan dimasukkan ke dalam kas kelompok pelestari penyu.

Alternatif sistem adopsi dalam usaha pelestarian penyu ini merupakan satu hal yang baru yang berkontribusi positif, baik pada pelestarian penyu itu sendiri, juga pada keberlanjutan usaha konservasi kelompok serta pendidikan pelestarian alam pada masyarakat luas. Pelepasan tukik biasanya dilakukan di bibir Pantai Goa Cemara. Jika acara ini tiba, dipastikan pantai dengan pemandangan pohon cemara udang ini akan ramai dikunjungi wisatawan, baik yang mau menjadi orang tua dari penyu laut maupun yang hanya ingin melihat sensasi acara menarik ini. Bagaimana, Anda tertarik juga untuk berpartisipasi? Kalau begitu datang saja ke Konservasi Penyu Mino Raharjo yang berada di Kepatihan, Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Bantul.

Peta Lokasi

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*