Konten Aksara Jawa Smartphone_resize

Keren… Belajar Aksara Jawa dengan Smartphone

Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (Balai Tekkomdik), Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, hari ini Selasa (25/11/2014) meluncurkan ‘Aplikasi Belajar Baca Tulis dan Game Aksara Jawa ‘Hanacaraka’ berbasis Mobile Lintas Platform’ di Grand Pacifik Hall Jl Magelang km 4,5 Yogyakarta. Direncanakan Gubernur Sri Sultan Hamengku Buwono X yang akan meluncurkan aplikasi tersebut.

Kepala Balai Tekkomdik DIY Singgih Raharja SH MEd mengatakan, peluncuran aplikasi ini sebagai upaya pelestarian aset budaya bangsa yakni Aksara Jawa agar tidak hilang, namun sebaliknya dapat berkembang dengan baik. Dipilihnya smartphone/mobile sebagai medianya karena hampir semua orang (tua/muda) setiap harinya selalu berintaraksi dengan piranti ini.

“Kita ingin hadirkan konten lain selain media sosial kepada masyarakat, sehingga di waktu luang, masyarakat bisa belajar aksara Jawa, langsung dari smartphone miliknya,” kata Singgih kepada wartawan saat jumpa pers di Balai Tekkomdik Jalan Kenari 2 Yogyakarta, Senin (24/11/2014).

Pembuatan aplikasi ini menggunakan dana keistimewaan (danais). Dijelaskan, aplikasi belajar aksara Jawa ini dapat diakses pada smartphone berbasis Android dan iOS dan bisa diunduh secara gratis pada Play Store (Android) dan Appstore (iOS/iPhone).

Aplikasi ini berisi lima menu utama yakni Selayang Pandang, Belajar Aksara Jawa, Game, Bantuan dan Tentang Aplikasi. Memasuki menu belajar Aksara Jawa, pengguna dimanjakan dengan tampilan menarik nan artistik mengenai ilustrasi 20 huruf Aksara Jawa. Setiap huruf merupakan ikon tombol, bila diklik akan menuju ke materi pembahasan dari huruf tersebut.

“Apabila penguna mengklik huruf ‘Ha’, maka aplikasi akan mengantarkan memasuki materi khususnya mengenai huruf ‘Ha’,” jelasnya.

Dalam aplikasi ini terdapat materi pembelajaran mengenai sandhangan, pasangan, aksara murda, aksara swara dan game/kuis yang interaktif, menarik dan bertingkat-tingkat level kesulitannya.

“Para pengguna tidak akan bosan untuk menggunakan aplikasi ini,” pungkasnya. (krjogja.com)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*