xiaomi_redmi_note 1

Ini Dia…Redmi Note, Ponsel Pintar Layar Besar

Redmi Note bisa dibilang masuk ke dalam kategori phablet, sebuah smartphone yang ukurannya hampir menyamai tablet. Untuk produk keluaran Xiaomi, yang menjadi andalan selalu harganya yang terjangkau meski performanya hampir sama dengan perangkat branded.

Bentuknya kokoh meski bodi belakang diselimuti cover plastik fiber. Agak licin dipegang, khususnya bagi si pemilik tangan yang mudah berkeringat. Redmi Note sepertinya cocok untuk mereka yang membutuhkan smartphone layar besar dengan hardware yang mumpuni, seperti MIUI.

Tapi yang harus diperhatikan adalah, tidak mungkin mengoperasikan Redmi Note hanya dengan satu tangan. Bahkan disarankan untuk mengunakan casing tambahan untuk menutupi kesan licin pada bodi belakang.

Jika cover belakang dibuka akan tampak sebuah baterai besar berwarna oranye menyala yang bisa dilepas. Di atasnya terdapat dua slot simcard yang dihalangi oleh slot microSD. Di sisi kanan dilengkapi tombol volume dan power. Meski tidak terlalu terasa saat diraba namun responnya cukup baik. Lubang earphone 3,5 mm diletakkan di atas sedangkan port USB diletakkan di bawahnya. Waktu booting Redmi Note butuh sekitar 30 detik.

Xiaomi Redmi Note dilengkapi dengan teknologi layar IPS berukuran 5,5 inci dengan resolusi 1280 x 720 piksel. Perlindungan layarnya dipercayakan oleh Gorilla Glass 3. Perpaduan inilah yang membuat tampilan di Redmi Note terlihat jelas dan cerah sebagaimana tampilan full-HD. Jika berada di posisi terpantul cahaya matahari, display Redmi Note masih bisa terlihat.

xiaomi_redmi_note 2

Penggunaan Redmi Note murni mengandalkan software Android yang bisa diatur, disebut sebagai MIUI. Bisa dibilang, ini merupakan Android rasa iOS. Bahkan dengan membuka akun dan bergabung dalam forum MIUI, pengguna akan mendapatka layanan teknis terkait Xiaomi, termasuk mendapatkan jaminan keamanan untuk mendapatkan data di dalam perangkat Xiaomi jika hilang atau dicuri dengan bergabung di Mi Cloud.

Memang masih harus terbiasa bagi para pengguna Android biasa untuk bisa memaksimalkan MIUI. Jika sudah terbiasa, baru akan terasa perbedaannya dengan Android secara umum. Namun bagi mantan pengguna iPhone, tidak terlalu butuh waktu lama untuk beradaptasi. Yang paing jelas persamaannya adalah adanya tampilan aplikasi yang menyebar di layar depan.

Apalagi jika Redmi Note sudah bisa di-upgrade ke Android 4,4 Kitkat. Untuk sementara ini, oS Android yang mendukung Redmi Note baru Jelly Bean, alias Android 4.2.

Kamera 13 Megapiksel

Xiaomi Redmi Note dibekali dengan kamera resolusi 13 megapiksel. Di sebelahnya terdapat LED Flash. Sedangkan di bagian depan ada kamera beresolusi 5 MP. Selain bisa mengambil gambar, kamera itu juga mampu merekam video 1080P atau kekuatan high-definition di bagian belakang, dan 720p untuk video dari kamera depan.

Pengambilan gambar dengan menggunakan smartphone dapat dilakukan dengan baik jika dalam keadaan banyak cahaya pendukung. Hasil tangkapan gambar Redmi Note akan lebih baik jika menggunakan banyak cahaya. Lampu flash memang cukup berguna menerangi objek. Namun dalam kondisi kurang cahaya, lampu flash Redmi Note hanya memiliki jangkauan tidak lebih dari 2 meter.

Kamera depan juga bisa difungsikan sebagai perangkat untuk mengambil gambar selfie, atau melakukan panggilan video.

Performa

Dapur pacu Redmi Note didukung prosesor octa-core 1.7GHz MediaTek MT6589T. Memori RAM-nya berkapasitas 2GB sedangkan memori internalnya total 8GB, termasuk 6,3 GB untukuser. Jika masih kurang, bisa ditambahkan memori eksternal sampai kapasitas 32 GB.

Sempat muncul lag sesekali saat menavigasi menu, browsing web dan aplikasi multimedia. Efek transisi menggunakan MIUI juga sempat melambat. Namun ini hanya berlaku saat melakukan transisi dari satu aplikasi ke aplikasi lain. Untuk itu, kami mencoba selalu melakukan ‘Clear All‘ atau menghapus aplikasi yang terlihat masih terbuka. Caranya dengan menekan tombol menu, kemudian menekan simbol ‘kuas’ yang muncul. Dengan demikian, semua aplikasi akan tertutup.

Dalam uji coba benchmark, Redmi Note mendapatkan nilai 31.493 dengan menggunakan Antutu. Lewat aplikasi benchmark lain, seperti Quadrant, nilainya mencapai 14.573. Performa CPU diklaim cukup baik dan bisa mendukung aplikasi-aplikasi berat dan multitasking. Memori RAM dinilai sangat baik. Untuk display 3D, Redmi Note mendukung game mobile yang berkapasitas besar.

Baterai Redmi Note berkapasitas 3100 mAh yang bisa dilepas pasang. Dalam uji coba, jika layarnya dibuat terang maksimal dan mobile data yang terus aktif, daya tahan baterai mampu sampai 20 jam lebih, termasuk melakukan panggilan telepon selama 1-2 jam dan bermain game selama 30 menit. Jika dalam keadaan standby, Redmi Note bisa bertahan lebih dari 24 jam.

xiaomi_redmi_note 3

Sekilas memang mirip dengan Redmi 1S namun dengan layar yang lebih lebar, mencapai 79 milimeter. Jika boleh memilih, lebih suka menggunakan Redmi 1S ketimbang Redmi Note, atau Asus Zenfone 5 yang memiliki layar lebih besar.

Namun memang tidak mudah mendapatkan phablet murah ala Xiaomi ini karena pembeliannya hanya bisa dilakukan secara online di Lazada. Dalam penjualan kilat pertama saja, sebanyak 10.000 unit Redmi Note habis terjual. (viva.co.id)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*