Mi Note 1

Ini Dia…Kesan Pertama Menjajal Xiaomi Mi Note

Xiaomi merilis phablet pertamanya yang diberi nama Mi Note pada Kamis (15/1/2015) di China International Convention Center, Tiongkok. Dalam acara peluncuran, CEO Xiaomi, Lei Jun secara terang-terangan mengatakan bahwa Mi Note adalah pesaing iPhone 6 besutan Apple. Seperti apa tampang Mi Note ini?

Setelah acara peluncuran, Xiaomi memberikan waktu yang terbatas kepada para jurnalis yang hadir untuk memegang phablet pertamanya itu.

Wartawan KompasTekno, Reska K. Nistanto juga berkesempatan untuk memegang dan merasakan phablet terbaru Xiaomi tersebut. Berikut adalah kesan-kesannya.

Desain dan genggaman

Melihat Mi Note pertama kali saat diungkap oleh Lei Jun di panggung, hal pertama yang terbayang adalah kesan perangkat yang mulus dan enak dipandang. Hal tersebut tercermin dari ukuran layar yang lebar, 5,7 inci dan bingkai dengan desain siku yang membulat.

Kedua sisi bingkai bagian kanan dan kiri terlihat lebih ramping, sementara bingkai bagian atas dan bawah terlihat lebih lega. Xiaomi menganut desain unibodi untuk Mi Note, yang artinya baterai tidak bisa digonta-ganti dan penutup belakang tidak bisa dilepas.

Mi Note 2

Walau bodi Mi Note terbuat dari bahan logam, namun Xiaomi memberikan bingkai berbahan gelas/kaca di bagian belakang dan sisi phablet. Bahkan, di kedua sisi sebelah belakangnya, Xiaomi membuat tepi yang sedikit melengkung.

Desain lengkung yang diberi nama countured 3D curve di tepi kanan dan kiri penutup belakang Mi Note tersebut menjadikan pengguna merasa nyaman dalam menggenggam. Namun, tekstur materi kaca yang digunakan terasa licin di permukaan tangan, sehingga genggaman terasa kurang mantap.

Seperti biasa, tombol volume up/down beserta tombol daya berada di sisi kanansmartphone, sementara sisi kiri mengakomodasi slot kartu SIM. Untuk slot kartu SIM ini, Xiaomi memberikan terobosan dengan menyediakan dua satu slot kartu micro dan nano dalam satu penampang sekaligus.

Mi Note 3

Dua kartu SIM yang disediakan mendukung fitur Dual LTE (TDD-LTE dan FDD-LTE), dan dual standby.

Untuk slot kartu penyimpanan eksternal, tidak disediakan oleh Mi Note. Xiaomi sendiri menyediakan dua versi Mi Note dengan penyimpanan internal 16 dan 64 GB.

Bagian belakang Mi Note bertengger lensa kamera dengan resolusi 13 megapiksel lengkap dengan sistem stabilisasi gambar optik. Xiaomi menyediakan fitur lampu dual LED duo tone untuk menghasilkan pencahayaan yang lebih natural saat memotret wajah.

Mi Note 4

Sementara kamera depannya bertengger di bingkai bagian atas sebelah kiri, lengkap dengan sensor proximity dan speaker telepon.

Di sisi bagian atas terdapat jack audio 3,5 mm dan bagian bawah mengakomodir port micro USB serta kisi-kisi speaker.

Mi Note 5

Untuk urusan audio, Xiaomi menyertakan teknologi digital-to-analog converter (DAC) ESS ES9018K2M, dual op-amp ADA 4896 ADI, dual op-amp OPA1612 Texas Instruments, serta dua oscilator independen masing-masing 44,1 kHz dan 48 kHz.

Mi Note 6

Dengan demikian, Mi Note bisa memutar audio dengan resolusi yang tinggi seperti audio 24 bit/192 kHz. Tentunya software tersebut baru bisa dinikmati dengan earphone yang berkualitas juga, seperti Mi Headphone yang diluncurkan bersamaan dengan Mi Note.

Pengoperasian

Karena mengusung layar ukuran 5,7 inci, dengan total dimensi lebar 77,6 mm, maka mengoperasikan Mi Note mau tak mau harus menggunakan dua tangan. Satu tangan memang masih memungkinkan untuk menggeser-geser layar, namun akan sulit jika pengguna ingin mengakses menu atau aplikasi yang letaknya sedikit di atas dengan ibu jari.

Layar Mi Note menggunakan materi berbahan LCD dengan resolusi Full HD 1080p (1080 x 1920) dan kerapatan piksel 386 ppi. Menurut pengamatan KompasTekno, layar terlihat terang dan tajam bahkan dengan sudut pandang yang ekstrim sekalipun.

Layar Mi Note juga diperkuat dengan teknologi Corning Gorilla Glass 3 yang menjamin layar tahan terhadap goresan.

Untuk antarmuka, Xiaomi memasang antarmuka MIUI di atas sistem operasi Android 5.0 Lollipop. Kinerjanya didukung oleh prosesor quad core Snapdragon 801 2,5 GHz buatan Qualcomm, GPU Adreno 330, dan RAM 3 GB.

Sekilas mengoperasikan Mi Note, respon antarmuka terasa cepat dalam membuka halaman demi halaman. Transisi antar layar berjalan halus dan mulus. Begitu juga saat mengakses aplikasi bawaan yang ada di dalamnya.

Namun, perlu kami ingatkan bahwa unit yang KompasTekno coba adalah versi fresh install, artinya hanya aplikasi-aplikasi yang disertakan pabrik saja, belum banyak aplikasi tambahan lain yang biasa dipasang pengguna.

Sayangnya, fitur kamera dalam Mi Note tidak sempat dicoba karena kendala waktu yang sangat terbatas yang diberikan oleh Xiaomi. Namun melihat spesifikasinya, kamera Mi Note nampaknya menjanjikan performa yang unggul.

Xiaomi menggunakan sensor kamera yang dikembangkan oleh Sony, dengan resolusi 13 megapiksel dengan bukaan lensa lebar f2.0. Selain itu, terdapat pula sistem stabilisasi optik dalam lensa kamera untuk mengantisipasi gambar yang kabur akibat goyangan tangan saat memegang smartphone.

Kamera depannya mengemas resolusi 4 megapiksel dengan ukuran piksel yang lebih lebar yaitu dua micron.

Harga dan ketersediaan

Xiaomi Note akan mulai dijual di toko online Xiaomi pada kuartal II 2015, termasuk di Indonesia. Banderol harga yang ditawarkan adalah Rp 4,7 juta untuk versi 16 GB dan 5,7 juta untuk versi penyimpanan 64 GB.

Phablet Mi Note tersedia dalam dua macam pilihan warna, hitam dan putih. (kompas.com)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*