Ini Dia Fitur Snapdragon 810, Otak Smartphone Unggulan Tahun 2015

Pameran elektronik terbesar di dunia, Consumer Electronics Show 2015 yang akan dilaksanakan di Las Vegas, Amerika Serikat, tinggal menghitung hari. Meskipun beberapa perusahaan teknologi raksasa (Apple, Google, dan Microsoft) mengatakan bahwa mereka tidak akan mengumumkan produk andalannya dalam acara tersebut, namun masih banyak hal besar yang patut kita tunggu.

Salah satunya adalah Snapdragon 810 dari Qualcomm. Snapdragon 810 yang pernah diumumkan pada bulan April lalu merupakan chip pengganti Snapdragon 805 sekaligus chip yang akan menjadi unggulan Qualcomm di tahun 2015 mendatang.

Berbeda dengan para pendahulunya yang menggunakan arsitektur “Krait” dari Qualcomm, Snapdragon 810 akan menggunakan arsitektur 64-bit Cortex A57 dan A53 dari ARM. Snapdragon 810 nantinya akan menggunakan kedua arsitektur tersebut di kedelapan core-nya (4 core A57 dan 4 core A53). ARM menyebut desain chip ini dengan nama “big.LITTLE”, di mana Cortex A57 akan mengerjakan proses-proses berat, sedangkan A53 akan mengerjakan proses-proses ringan untuk menghemat daya.

Kedelapan core yang terdapat di Snapdragon 810 juga mampu berjalan bersemaan, meskipun memang akan sedikit aplikasi yang menggunakan kedelapan core tersebut secara bersamaan. Sayangnya, performa Snapdragon 810 juga masih belum diketahui dan Qualcomm juga masih belum mau membeberkan kecepatan dari chip terbarunya ini.

Arsitektur 64-bit-nya juga merupakan hal yang patut dipertimbangkan dari Snapdragon 810. Qualcomm tampaknya ingin menyaingi chip A9 buatan Apple yang juga menggunakan arsitektur 64-bit. Namun mengingat Qualcomm masih belum memiliki chip dengan arsitektur 64-bit, maka tidak heran bila mereka menggandeng ARM dan menggunakan arsitektur 64-bit Cortex A57 dan A53-nya pada Snapdragon 810.

Meskipun menggunakan arsitektur baru dari ARM, Qualcomm masih menggunakan GPU Adreno buatannya. Snapdragon 810 akan mengusung chip Adreno 430 yang diklaim 30% lebih kencang dan 20% lebih hemat daya ketimbang Adreno 420 yang digunakan di Snapdragon 805.

Adreno 430 juga masih mendukung resolusi layar hingga 3.840×2.160 pixel, sama seperti Adreno 420. Qualcomm memprediksi, resolusi 4K akan menjadi standar bagi tablet di tahun depan, untuk itulah seluruh tablet yang menggunakan Snapdragon 810 nantinya akan memiliki layar dengan resolusi 4K.

Menariknya, Qualcomm juga meningkatkan konektivitas Snapdragon 810, sehingga dapat mengakses jaringan LTE kategori 9. Dengan demikian, perangkat yang menggunakan Snapdragon 810 akan memiliki kecepatan unduh hingga 450Mbps, sedangkan kecepatan unggahnya masih sama dengan sebelumnya, yaitu 50Mbps.

Snapdragon 810 juga akan memperkenalkan fitur baru bernama “WiGig,” atau koneksi 802.11ad. WiGig menawarkan koneksi nirkabel dengan frekuensi 60GHz, sehingga mampu mentransfer data hingga 7Gbps. Snapdragon 810 juga merupakan chip Qualcomm pertama yang dibangun dengan teknologi 20nm dari TSMC. TSMC juga mengatakan, chip dengan teknologi 20nm membuat konsumsi daya lebih rendah 25% ketimbang chip dengan teknologi 28nm.

Snapdragon 810 2

Selain itu, Snapdragon 810 akan bisa dimanfaatkan vendor untuk membuat smartphone yang dilengkapi sepasang kamera belakang, seperti HTC One M8. Dengan menggabungkan gambar dari kedua lensa tersebut, dan dengan sedikit teknik pengolahan gambar menggunakan software khusus, Qualcomm mampu mereplikasi optical zoom tanpa harus menggunakan kamera yang benar-benar bisa melakukan optical zoom.

Hal tersebut sangat menguntungkan karena kualitas kamera akan dapat ditingkatkan tanpa harus mengorbankan ruang di smartphone.

Fitur besar terakhir adalah sebuah “kill-switch” yang terpisah dari OS. FitUr ini memungkinkan penggunanya untuk mengunci atau menghapus seluruh data jika smartphone-nya hilang ataupun dicuri. OS seperti Android dan iOS memang telah memiliki fitur yang mirip dengan kill-switch, namun kill-switch dapat memperkuat sistem keamanan data di smartphone.

Snapdragon 810 kemungkinan akan muncul di bebagai perangkat unggulan berbagai merek di tahun 2015 mendatang. Samsung dan HTC digadang sebagai produsen pertama yang akan mengadopsi chip ini. (metrotvnews.com)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*