Ini dia Fakta tentang Tanggal Kedaluwarsa Makanan

Tanggal kadaluwarsa sering menjadi patokan untuk mengetahui kesegaran makanan. Saat Anda tidak menyadari masa kesegarannya, makanan akan berakhir di tong sampah dan menjadi salah satu faktor banyaknya makanan terbuang percuma.

Mungkin Anda termasuk salah satu di antara yang kaku terhadap tanggal kedaluwarsa. Begitu banyak tanda yang mengatur tanggal kedaluwarsa makanan, seperti “Used by” dan “Best by”, yang menandakan masa puncak kesegaran makanan. Beda halnya ” Sell by”, yakni tanggal penjualan atau pembuatan makanan untuk produsen serta pengecer, dan bukan konsumen.

Tanggal-tanggal tersebut tidak menunjukkan masa kedaluwarsa dan pembusukan sehingga tidak ada sinyal makanan tidak aman dikonsumsi. Beda halnya yang ditunjukkan pada “Expired date”, yang berarti tanggal kedaluwarsa produk.

Kebanyakan produsen mulai menjual barang-barangnya mendekati tanggal tersebut. Lucunya, masyarakat justru menyukai makanan yang hampir kedaluwarsa yang kemudian didiskon. Sebelum membuang makanan hanya karena tanggal yang dicantumkan, pelajari panduan untuk makanan tertentu tentang masa kesegarannya, seperti diulas The Vivant:

Telur
Jika Anda menyimpan telur di dalam kulkas, kesegarannya bisa bertahan 3-5 pekan setelah dibeli.

Makanan kalengan
Kesegaran makanan kaleng bisa bertahan hingga setahun seperti yang tertera sebagai tanggal kedaluwarsa di kemasan. Beberapa pendapat mengatakan bahwa makanan kaleng akan baik-baik saja bahkan setelah tanggal kedaluwarsa. Alasannya, makanan kaleng dikemas secara vakum alias hampa udara sehingga daya tahannya bisa lebih lama dari yang tertera sebagai tanggal kedaluwarsa.

Apel
Kesegaran dan kerenyahan buah apel bisa bertahan selama tiga pekan jika disimpan di dalam kulkas. Jika apel telah masak lalu dibekukan, daya tahannya bisa hingga delapan bulan.

Sereal
Seral yang siap olah menjadi sarapan bisa bertahan di dapur tanpa rusak hingga masa setahun. Meskipun Anda tidak menyadari menyantapnya setelah masa kedaluwarsanya berakhir, makanan ini tidak akan menyebabkan sakit.

Daging
Disarankan untuk mengonsumsi daging 3-5 hari setelah dibeli untuk mendapatkan kualitas terbaik meski disimpan dalam chiller. Jika Anda membekukannya, kesegarannya bisa bertahan sampai dua bulan atau lebih dengan nutrisi yang masih penuh. (okezone.com)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*