Ini Dia Alasan Batik Terpilih Jadi Warisan Dunia

Batik diakui sebagai salah satu warisan dunia milik Indonesia. Selain masyarakat dan pemerintah yang berupaya untuk memperjuangkan hak tersebut, ternyata ada satu hal yang membuat batik diakui sebagai kekayaan milik Indonesia.

“Salah satu sebab kita bisa memenangkan batik sebagai ikon budaya kita adalah, karena batik kita pakai dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Yenny Wahid kepada Okezone di Royal Place Building, Jakarta, Rabu, 4 Februari 2015.

Lebih lanjut, ini menjadi sebuah bukti jika masyarakat Indonesia masih menghargai budayanya. “Kita lihat di negara lain, sebenarnya banyak budaya lokalnya. Namun pakaian tradisional tak begitu dipakai, hanya pada acara tertentu. Padahal kan generasi muda jarang ikut acara adat-adat seperti itu,” imbuhnya lagi.

Yenny membandingkan kebudayaan orang Indonesia dengan Jepang dalam menggunakan pakaian tradisional. Meski Indonesia banyak tertinggal di sektor lain, namun soal satu ini, Jepang kalah jauh dengan Indonesia.

“Perbandingannya jauh. Di Jepang sudah jarang orang pakai kimono. Paling hanya orang tua saja. Kalau menikah kebanyakan pakai gaun Western. Kalau di sini, ke kondangan pakai batik, acara apa aja banyak pakai batik, di sekolah ada hari wajib pakai batik,” ungkapnya

Sehingga, kebiasaan itulah yang akan menjadi pelestarian batik di Indonesia. “Semakin banyak kita pakai batik dan kebaya dalam kehidupan sehari-hari, itu yang akan melestarikan budaya bangsa Indonesia ini. Intinya saya sangat mendukung upaya apapun untuk melestarikan budaya kita,” tutupnya. (okezone.com)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*