Gembira Loka Zoo 1

Gembira Loka Zoo

Gembira Loka Zoo
Jalan Kebun Raya No. 2, Yogyakarta, DI Yogyakarta 55171, Indonesia

Gembira Loka sampai sekarang masih menjadi tempat hiburan dengan koleksi binatang terlengkap di Yogyakarta. Kebun binatang yang juga museum zoologi ini berlokasi di Jalan Kusumanegara, Yogyakarta. Lokasinya hanya empat kilomoter dari terminal Giwangan dan enam kilometer dari Kraton. Gembira Loka dapat dicapai dengan bus umum jalur tujuh atau sembilan dengan biaya Rp 2000,- atau dapat juga menggunakan Transjogja 1B dengan biaya Rp 3000,-

Sesuai arti Gembira Loka, yaitu tempat bersenang-senang, kebun binatang ini memang dibangun dengan maksud memberikan tempat hiburan bagi masyarakat Yogyakarta. Ide pertama kali dicetuskan pada tahun 1933. Namun karena banyaknya kendala, pembangunan baru dilakukan pada tahun 1953. Yayasan kebun Raya dan Gembira Loka ditunjuk sebagai pelaksana pembangunan. Dua tahun kemudian, yaitu pada tahun 1955, dilangsungkan peletakan batu pertama oleh Sri Paku Alam VIII. Pembangunan terus dilakukan secara berkelanjutan sampai tahun 1975.

Kini Gembira Loka telah menjadi salah satu objek wisata yang paling banyak dikunjungi, menyaingi Malioboro dan Kraton. Berbagai jenis tubuh-tumbuhan dan hewan baik yang hidup dan mati terdapat di Gembira Loka. Jumlah koleksi tumbuhan di museum ini kurang lebih 60 spesies tanaman langka seperti miri hutan, kepel, randu alas, keben, siperes, dan lain-lain. Sedangkan spesies hewan yang ada sekitar 311 jenis seperti harimau, kida nil, jerapah, anoa, gajah, buaya, dan lain-lain. Di Gembira Loka, dipamerkan pula hewan-hewan yang diawetkan. Koleksi hewan-hewan yang diawetkan dapat dilihat di museum dekat danau buatan. Gembira Loka dihiasi taman yang permai dengan pohon-pohon tua yang besar dan rindang. Tumbuhan-tumbuhannya dibiarkan tumbuh dengan bebas agar menampakkan kesan alami.

Sebagai sarana rekreasi keluarga, Gembira Loka dilengkapi berbagai fasilitas. Dekat pintu gerbang masuk, disediakan teman bermain dan replika gua. Bagi yang tak puas hanya melihat hewan-hewan dari jauh dapat pula menunggangi gajah atau unta dan berfoto dengan bururng-burung kakaktua, orangutan, atau ular jika berani. Adapula wahana-wahana hiburan seperti kereta mini, perahu angsa, sampai flying fox.

Gembira Loka buka setiap hari mulai pukul 07.30 – 17.30 WIB. Sedang pada hari minggu atau libur buka sampai 19.30 WIB. Harga tiket masuk untuk hari biasa adalah Rp 12.000,- dan untuk hari libur adalah Rp 15.000,-. Terhitung mulai tanggal 19 juni hingga 10 Juli, memasuki masa liburan sekolah, harga tiket setiap hari Rp 15.000,-.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*