Desa Wisata Nawung 1_resize

Dusun Wisata Nawung Jogja

Dusun Wisata Nawung Yogyakarta
Nawung, Gayamharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta

Dusun Nawung adalah sebuah dusun wisata yang berada di kawasan Prambanan Yogyakarta. Desa Wisata Nawung terletak di bagian paling timur kabupaten Sleman yang berbatasan langsung dengan kabupaten Gunungkidul. Lokasinya sekitar 30 menit dari bandara Adisucipto dan dapat dicapai dengan mobil atau sepeda motor. Lokasi Dusun ini jauh dari hiruk-pikuk perkotaan sehingga sangat nyaman karena didukung suasana pedesaan dan pesona alam yang asri dan indah. Pengunjung dapat merasakan sejuknya udara pegunungan dan gemercik air di sungai yang eksotik. Selain dari keindahan alamnya, pengunjung dapat mengunjungi dan mempelajari aktifitas masyarakat desa dalam pembuatan berbagai jenis kerajinan tangan.

Dusun Nawung menawarkan berbagai paket wisata yang dapat menjadi referensi bagi wisatawan. Paket wisata tersebut diantaranya adalah Treking Sungai Kedung Ngaten, Out bond untuk membangun diri serta melatih kepemimpinan, Belajar membuat kerajinan batu, bambu jahit dan makanan ringan, menikmati kesenaian tradisional, serta pengunjung dapat menginap di rumah penduduk lokal.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk menikmati paket wisata inipun sangat dapat dijangkau masyarakat pada umumnya. Untuk menikmati wisata treking Sungai Kedung Ngaten dan permainan outbond tradisional hanya perlu mengeluarkan uang Rp. 20.000,00/ orang dengan jumlah minimal 10 orang. Jika ingin belajar membuat makanan ringan cukup membayar Rp. 25.000,00 untuk 10 orang. Selain itu pengunjung yang ingin belajr membuat kerajinan batu, bambu, kayu dan jahit juga cukup membayar Rp.25.000,00 untuk 10 orang. Sementara untuk paket kesenian (jatilan dan sholawat) hanya dibutuhkan biaya Rp.100.000,00 per 1 kali pertunjukan. Apabila pengunjung ingin menikmati paket makan siang, Dusun Nawung juga menyediakan paket makan siang yaitu nasi urap dan tahu tempe serta teh panas dan snack hanya dengan Rp. 10.000,00 per orang, minimal 10 orang. Untuk pengunjung yang ingin menginap juga disediakan tempat menginap di rumah penduduk asli dan sarapan hanya dengan biaya yang cukup murah yaitu Rp. 50.000,00 per orang dalam 1 malam.

Ditempat ini, anda dapat melakukan kegiatan outbond yang asyik untuk lebih mempererat hubungan antar teman, saudara ataupun karyawan. Selain itu di Desa Nawung juga merupakan salah satu tempat untuk belajar mengolah potensi yang ada seperti teknologi biogas isi ulang, aneka kripik, serta kerajinan bambu dan kayu.

Desa Wisata Nawung 2_resize

Paket Wisata “Dewi Kangen”
– Trekking sungai kedung nganten dan out bond : Eratkan kerjasama dan tingkatkan keakraban anda dan kawan2 melalui kegiatan out bond yang diadakan disepanjang jalur sungai Kedung Nganten Rp20.000/orang, minimal 10 orang.
– Belajar membuat makanan ringan : Sudahkah anda tahu bagaimana membuat kripik emping melinjo atau criping pisang? ayo lihat dan langsung membuatnya disini, Rp 50,000 untuk 10 orang.
– Belajar membuat kerajinan batu dan bambu : Mau mencoba membuat air mancur dari batu atau membuat kuda lumping yang asli dari bambu? silakan mencoba disini, Rp 50,000 untuk 10 orang.
– Paket makan siang : Kapan lagi mau makan siang di desa yang nyaman. Paket makanan tradisional nasi urap,tempe,tahu, krupuk dan teh panas ditambah jajan pasar – uenak tenan. Rp 8000/orang – minimal 10 orang.
– Sholawatan atau Jathilan : Jangan juga lewatkan kesempatan menyaksikan kesenian tradisional Nawung, yaitu “Sholawatan” atau “Jathilan”

Dusun Nawung sesuai bagi anda yang ingin menikmati keindahan alam dan jauh dari perkotaan untuk melepas penat. akses menuju Dusun ini juga relatif mudah sehingga dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Peta Lokasi

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*