Desa Wisata Kinahrejo Jogja

Desa Wisata Kinahrejo Yogyakarta
Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta, Indonesia.
telp: +62-274-869613

Desa Kinahrejo merupakan desa tempat tinggal Almarhum Mbah Maridjan. Beliau adalah juru kunci merapi sampai beliau wafat pada tahun 2010 karena terkena awan panas atau sering disebut wedhus gembel pada erupsi terkahir Gunung Merapi pada akhir tahun 2010.

Kinahrejo 1_resize

Pada awalnya Kinahrejo merupakan Desa Wisata yang nyaman dan sering digunakan oleh para pengunjung baik yang berasal dari dalam negeri maupun mancanegara untuk menikmati keindahan dan pemandangan dari Gunung Merapi dari lokasi yang relatif dekat. Selain untuk menikmati pemandangan wisatawan juga datang untuk menonton pertunjukan upacara tradisional Labuhan Merapi. Labuhan Merapi yang merupakan upacara adat yang diadakan setiap 30 Rajab. Adat Labuhan Gunung Merapi merupakan rangkaian upacara yang dilaksanakan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat dalam rangka peringatan jumenengan Ndalem (naik tahta) Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Kinahrejo 3_resize

Setelah erupsi Gunung Merapi pada penghujung tahun 2010 yang lalu, Kinahrejo menjadi salah satu lokasi dengan tingkat kerusakan terparah. Banyak korban berjatuhan dan bangunan yang hancur akibat tersapu awan panas. Namun, hal tersebut tidak menghalangi keinginan penduduk untuk bangkit. Setelah mulai redanya erupsi Gunung Merapi, warga beserta relawan kembali membangun desa-desa yang hncur akibat letusan Gunung Merapi.

Saat ini Kinahrejo yang masih dalam masa recovery sering dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk berwisata. Wisatawan dapat menjadi saksi keganasan Letusan Gunung Merapi karena Kinahrejo merupakan saksi bisu dari erupsi Gunung Merapi 2010 yang lalu. Selain berwisata, wisatawan dapat berpartisipasi dalam penanaman kembali pohon-pohon di sekitaran Desa Kinarejo, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*