Batu Akik Nias mempunyai Ciri Khas pada Motif

Sungai Mida, Desa Laihua Alasa Talumuzoi, Nias Utara, atau disebut dengan Mida Island menyimpan kekayaan batu keras yang kini diburu orang untuk dibuat batu akik.

Dahulu hanya satu dua orang yang menekuni profesi pengrajin batu, namun kini mulai bermunculan pengrajin di Nias, salah satunya Daliatule, di Jalan Supomo, Kecamatan Gunung Sitoli, Desa Mudik, Kota Nias, Sumatera Utara.

Kekayaan Sungai Mida itu kini bisa dilihat dari koleksi pria yang akrab dipanggil Laoli ini dengan berbagai jenis batu dan motif, dengan harga mulai dari dua ratus ribu rupiah hingga puluhan juta yang jika dirupiahkan mencapai ratusan juta rupiah.

Jenis batunya antara lain cempaka madu seharga Rp3 juta, biduri bulan Rp1 juta, limau manis bermotif naga Rp2 juta, panca warna Rp750 ribu, biduri bulan bermotif Yesus Rp50 juta.

Untuk mengumpulkan koleksi tersebut memerlukan ketekunan dan waktu yang lama. Laoli sendiri menekuni batu sejak kelas 4 SD, hingga pada tahun 1982 ia benar-benar serius untuk berbisnis batu akik.

Peralatan yang dipakai pun saat ini lebih modern, yakni dengan gerinda listrik, hanya dengan satu tangan, karena tangan kirinya tidak berfungsi akibat tertimpa tembok saat gempa Nias tahun 2005, Laoli dapat menghasilkan lima batu dalam sehari.

Laoli menceritakan tahapan-tahapan pembuatan batu akik mulai dari pemilihan batu, kemudian diasah dengan batu gerinda duduk, hingga terbentuklah pola dan motif.

Setelah itu batu diasah kembali dengan batu asah dan diamplas dengan amplas khusus batu. Tahapan terakhir untuk membuat batu tersebut mengkilat batu kemudian digosok menggunakan bambu lemang. Jadilah batu akik yang siap diikat menjadi cincin.

Sebelum digosok batu-batu tersebut belum memiliki motif yang jelas, setelah digosok muncul motif-motif yang kadang tak terduga indahnya. Disinilah kepuasan pengrajin apalagi jika motif tersebut unik memiliki nilai jual yang tinggi.

Laoli tidak hanya membuat batu saja, tetapi juga mempelajari sifat-sifat batu yang dapat mempengaruhi jiwa seseorang. Contohnya batu biduri embun bisa menyejukkan hati seseorang agar tidak emosional.

Bagi yang kesulitan mendapatkan pasangan disarankan memakai cincin batu limao manis, untuk memikat lawan jenis. Ada juga batu darah membawa keberanian bagi si pemakai.

“Batu Nias memang punya kekuatan, tapi kita juga punya kepercayaan, jadi percaya tidak percaya,” kata Laoli.

“Nias itu belum berubah alamnya, sungainya belum tersentuh “sesajen”, sehingga kekuatan alam itu tidak lari, jadi kalau kita pakai ada keserasian dengan pemakai,” tambahnya. (antaranews.com)

1 reply
  1. FAJAR
    FAJAR says:

    JUAL BONGKAHAN BATU BACAN
    (Chrysocolla chalcedony,Living Stone,Gem silica)
    galian tanjung gulau (pulau kasiruta) halmahera selatan,maluku utara
    No Hp 0856-9677-0072 ==###== PIN BB 5799FC30

    BACAN DOKO SUPER
    ================
    Berat 3 ons Rp 800.000
    Berat 5 ons Rp 1.500.000 nego
    Berat 1 kg Rp 2.500.000 nego
    Berat 2 kG Rp 4.250,000 nego
    setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan.

    BACAN PALAMEA
    ==============
    Berat 3 ons Rp 800.000
    Berat 5 ons Rp 1.000.000 nego
    Berat 1 kg Rp 2.000,000 nego
    Berat 2 Kg Rp 4.000,000 nego
    setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan.

    KONDISI BATU
    ============

    Natural (no treatment) asli bukan sintetis
    Bahan tua galian tambang sendiri
    Keras & Padat
    Siap Gosok
    Full daging tanpa kapur
    Kualitas super krystal
    Mineral (chysocolla chalcedony)

    Melayani pembelian per kilo dan per ons untuk bongkahan
    Kami juga melayani pembelian luar daerah dan luar kota
    Bagi pecinta bacan yang minat silahkan langsung hubungisms

    No Hp 0856-9677-0072 ==###== PIN BB 5799FC30

    ================================================

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*